Sarjana Temukan Planet Alien Mengorbit

Sarjana Temukan Planet Alien Mengorbit

VIVA   – Planet yang diduga dihuni alien, dikabarkan mengorbit pada bintang mati atau White Dwarf. Obyek  ini berpisah 80 tahun cahaya dari Dunia.

Para peneliti  menemukan, ada  sebuah planet dengan patokan tujuh kali lebih besar dibanding White Dwarf mengorbit selama 34 jam sekali, dikutip dari laman Space , Kamis  17 September 2020.

“WD 1856 b (sebutan untuk planet itu) sangat dekat dengan White Dwarf,   dan berhasil tinggal dalam satu bagian, ” ungkap peneliti utama dari University of Wisconsin-Madison, Andrew Vanderburg.

Dia menuturkan, biasanya bintang mati akan mengacaukan obyek terdekatnya. Planet-planet bisa terkoyak dengan gravitasi besar White Dwarf itu. Menurutnya, masih banyak peristiwa yang patut dipertanyakan, seperti dengan jalan apa planet itu bisa selamat serta mengorbit di sana.

Baca juga:   Daftar iPhone yang Bisa Pakai iOS 14, Bisa Diunduh Hari Tersebut

“Kami masih mempunyai banyak pertanyaan soal bagaimana WD 1856 b bisa datang tanpa mengalami hal buruk, ” kata dia.

Sejauh ini, tidak ada planet lain dalam sistem tata surya White Dwarf ini. Taat peneliti lainnya, Siyi Xu, benda-benda kecil seperti asteroid dan komet tidak terpengaruh dengan kehadiran bintang mati itu.

“Kami telah melihat bukti jika planet-planet bisa menyebar juga. Namun, ini nampaknya menjadi pertama kalinya awak melihat planet melakukan perjalanan lengkap, ” kata Xu.  

WD 1856 b ditemukan para peneliti menggunakan Transit Exoplanet Survey Satelit atau TESS. Kekayaan ini berburu dunia asing lantaran perspektif pesawat ruang angkasa.