Memperhatikan Persiapan Operator Telekomunikasi Jelang PSBB Total DKI Jakarta

Memperhatikan Persiapan Operator Telekomunikasi Jelang PSBB Total DKI Jakarta

VIVA   –  Era Pembatasan Sosial Berskala Besar ataupun PSBB Total akan diterapkan dalam Provinsi DKI Jakarta pada Senin depan, 14 September 2020, hanya ada 11 bidang usaha essential yang tetap beroperasi. Salah satunya sektor komunikasi dan telekomunikasi informatika.

Sejumlah operator telekomunikasi juga siap-siap untuk tetap menyelenggarakan layanan saat PSBB Total berlangsung nanti akibat masih merebaknya pandemi COVID-19. Berikut persiapan lima operator telekomunikasi saat PSBB Total DKI Jakarta yang dirangkum VIVA Tekno , Kamis, 10 September 2020:

Baca: Operator telekomunikasi Jangan Coba-coba Pakai Jurus Mabuk

Smartfren

Customer Service tetap beroperasi normal. Untuk Call Center dapat dihubungi 24 tanda lewat 888 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dan 08811223344 sejak nomor lain.

Untuk Galeri Smartfren tetap menerapkan aturan kesehatan sesuai ketentuan peraturan PSBB seperti pengecekan suhu tubuh, menyimpan hand sanitizer, dan wajib menggunakan, masker bagi pegawai untuk tamu.

Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengaku jadi mengoptimalkan jaringannya saat PSBB. “Jaringan Smartfren sudah 100 persen 4G, selalu dipantau secara intensif selama 24 jam dan dikelola secara dinamis, jadi menyesuaikan pergerakan kepadatan trafik, ” ungkapnya.

Selain itu, Munir melanjutkan, tetap melakukan proses optimasi jaringan buat menjamin pelanggan bisa mendapatkan karakter maksimal ketika WFH atau SFH menggunakan konferensi video.

XL Axiata

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengaku sudah melaksanakan pembangunan infrastruktur sejak awal pandemi hingga saat ini, termasuk memasang BTS yang dikatakan masih berjalan sesuai rencana. Ia juga mengucapkan, secara keseluruhan, tidak ada pelambatan atau penundaan implementasi yang ada di lapangan.

Sedangkan terkait layanan customer service, Tri mengatakan saat ini masih hidup dengan sangat ketat dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. “Kecuali, yang berada di mal dan akan ditutup selama PSBB berlaku mengikuti waktu operasional mal tersebut, ” ujarnya.

Indosat Ooredoo

Sejak awal pandemi COVID-19, Indosat masih melanjutkan work from home (WFH) bagi seluruh karyawannya. Tetapi, untuk fungsi yang critical, troubleshooting, dan buildings control yang memerlukan hadir di kantor tetapi memasukkan protokol kesehatan seperti dilengkapi dengan surat tugas, melakukan self assesment dan keterangan surat sehat.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk, menyatakan bagi layanan pelanggan Indosat terus bersiaga membangun kendala yang dihadapi. Ia serupa membuka sejumlah kanal media baik seperti Twitter, Facebook, dan Instagram, atau aplikasi MyIm3, website sah, email [email protected], dan telepon ke *185# untuk bisa dihubungi pelanggan.

“(Layanan customer service) Tetap beroperasi seperti pokok dengan mengikuti protokol kesehatan & peraturan pemerintah. Khusus yang berlokasi di mall, akan mengikuti kecendekiaan mall masing-masing, ” kata Turina.

Tri Nusantara

Tri juga memiliki kanal untuk masyarakat jika ada yang ingin mengadukan masalah terkait jaringan salah satunya meniti media sosial. Terkait karyawan, Pemangku Direktur Utama Tri Indonesia, Danny Buldansyah, mengatakan masih melakukan work from home (WFH) 100 obat jerih.

Namun, memang tersedia beberapa pekerjaan yang harus dilakukan langsung ke lapangan. “Rasanya tak ada (pengaruh ke layanan publik). Karena, pada saat awal PSBB kami sudah punya SOP khusus, ” ungkapnya.

Telkomsel

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, membuktikan telah menerapkan kebijakan WFH sejak 17 Maret hingga saat itu, dengan menyesuaikan perkembangan status pandemi yang ditetapkan pemerintah.

Ia menambahkan terkait pengamanan karakter jaringan di Jakarta, Telkomsel telah melakukan penambahan dari unit BTS 4G LTE hingga mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki.

Untuk layanan kepada pelanggan, Denny mengatakan jika semenjak awal pandemi, Telkomsel telah melaksanakan penyesuaian jam operasional dan menerapkan aturan protokol kesehatan bagi petugas dan pelanggan yang berada pada Grapari.

“Khusus letak dalam mal atau pusat perbelanjaan, kami berkoordinasi dengan pengelola setempat dan mengikuti penyesuaian jam operasional, ” jelas Denny. Selain tersebut Telkomsel juga membuka kanal servis pada customer secara digital. Tiba dari call Center hingga akun resmi di sejumlah media baik.