Ma’ruf Amin Minta Dakwah Digital Digalakkan

Ma'ruf Amin Minta Dakwah Digital Digalakkan

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menerima audiensi Pengurus Tengah Forum Komunikasi Dai Muda Nusantara (PP FKDMI) melalui konferensi gambar di kediaman resmi Wapres, Pekerjaan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Kamis (5/11).

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Ma’ruf berpetaruh kepada para dai muda yang tergabung dalam FKDMI untuk menggalakkan dakwah digital.

“Dakwah digital ini harus kita galakkan. Saya harap FDMI menjadi sepadan lembaga yang produktif, ” ujar Kiai Ma’ruf kepada lima pengurus FKMI yang melakukan audensi secara virtual, Kamis (5/11).

Kiai Ma’ruf menuturkan, dakwah digital sangat penting dikerjakan oleh para dai milenial karena jangkauannya akan lebih luas. Selain itu, menurut dia, umat Agama islam juga akan fleksibel mendengarkan anutan agama yang disampaikan para ustaz.

“Dakwah dengan digital itu kan jangkaunnya lebih luas dan kemudian sekarang kalau mengindahkan tidak dalam waktu tertentu, kapan saja bisa dan di mana saja bisa. Jadi lebih bentuk, ” ucap Kiai Ma’ruf.

Kiai Ma’ruf juga berharap kepada para pengurus FKDMI agar ke depannya fokus mencetak ustaz yang memiliki kompetensi dan profesional. Karena, menurut nya, saat ini banyak sekali dai yang kurang mempunyai kompetensi dalam menyampaikan ajaran Agama islam.

“Tetapi karena semangatnya yang tinggi lalu dia menyampaikan dakwahnya, sehingga dia seringkali dakwahnya itu tidak mencerminkan pemahaman yang utuh terhadap perkara keagamaan, ” kata Kiai Ma’ruf.

Menentang Juga

Selain itu, Kiai Ma’ruf selalu berpesan kepada para dai muda tersebut untuk menyiapkan metode seruan yang sesuai dengan kehidupan umum Indonesia, yang disebutnya sebagai manhajul wasathi (metode moderat).

Menurut dia, para dia tak boleh menyampaikan narasi yang malah dapat menimbulkan konflik dan merusak tatanan kerukunan. “ Nah metode yang moderat ini yang bisa menjaga kerukunan atau menjadi kunci kerukunan, ” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Ma’ruf juga mengirimkan selamat kepada FKDMI yang sudah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 30-1 November 2020. Kiai Ma’ruf berharap hasil Rakernas tersebut bisa diimplementasikan dalam rangka memajukan kompetensi dai muda.

Sementara itu, dalam audensi itu Ketua Umum FKDMI, Moh Sinar Huda menjelaskan sekilas tentang kenangan FKDMI dan melaporkan berbagai rencana yang telah dijalankan FKDMI semasa ini. Menurut dia, FKDMI telah menjalankan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para dai muda.

“Tentunya ini menjadi kekuatan bagi FKDMI untuk mengabdi serta menysiarkan agama Islam yang rahmatan lil alamin, ” kata Sinar Huda.