Elon Musk Sudah Pilih Lokasi ‘Rumah’ Manusia di Planet Mars

Elon Musk Sudah Pilih Lokasi 'Rumah' Manusia di Planet Mars

VIVA   –  Pendiri SpaceX, Elon Musk, mengambil lokasi ini untuk dijadikan koloni manusia pertama di Planet Mars. Ia pernah bilang jika markas pertamanya akan berfungsi penuh serta mandiri di planet merah tersebut. Namun agar koloni tersebut mampu diisi oleh manusia, maka Musk mengaku membutuhkan seribu penerbangan ke sana.

Lantas, daerah mana yang menjadi kawasan kesayangan Elon Musk untuk dijadikan panti bagi manusia di Mars? Mengutip situs Sputniknews , Sabtu, 17 Oktober 2020, ia pilih bagian paling utara planet merah tersebut. Penentuan lokasi tersebut berdasarkan keputusan pada Konvensi Virtual Mars Society 2020 .

Mengucapkan: Mobil Listrik Elon Musk Muncul di Orbit Mars

Lokasi menyesatkan utara Planet Mars merupakan daerah penuh es. Musk melihat wilayah tersebut sangat strategis dan bakal digunakan oleh penjajah – astronot – di masa depan untuk menciptakan udara untuk bernapas mengikuti energi lainnya supaya dapat beraktivitas.

“Penerbangan perdana Starship ke Mars rencananya akan menggelincir dalam empat tahun ke aliran. Jika terwujud maka akan menjadi penerbangan one way ticket (tiket sekali jalan) bagi manusia, ” membuka Elon Musk.

Sebagai informasi, mobil Tesla Roadster dan Starman saat ini diketahui cukup berada di orbit planet Mars. Jaraknya 0, 05 astronomical unit, atau sekitar 8 juta kilometer dari permukaan planet berwarna abang tersebut.

Petualangan Starman bersama Tesla Roadster milik Elon Musk memasuki leler 2, 5 tahun. Keduanya amblas menggunakan Roket Falcon Heavy milik SpaceX ke ruang angkasa, di 6 Februari 2018.

Starman bukanlah manusia atau hewan sungguhan, tetapi boneka yang memasang pakaian astronot. Satu orbit sempurna diselesaikan dalam waktu 557 hari.

Tesla Roadster tak bisa dilihat dari Bumi karena sangat kecil dan jauh, biar menggunakan teleskop. Tapi dalam beberapa dekade, kita mungkin bisa mulia kali melihatnya.