BREAKING NEWS: Perseverance NASA Sukses Landas Susul China ke Mars

BREAKING NEWS: Perseverance NASA Sukses Landas Susul China ke Mars

VIVA   –  Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA sukses menerbangkan wahana antariksa tak berawak generasi terbaru, Perseverance, ke Planet Mars pada Kamis sore ini, 30 Juli 2020 pukul 07. 50 pagi EDT atau sekitar 18. 50 WIB.

Mengutip situs Space , proses Perseverance lepas landas berjalan mulus di atas Roket United Launch Alliance Atlas V dari Stasiun Barisan Udara Cape Canaveral di Florida, AS.

Wahana antariksa itu juga dilengkapi dengan helikopter seberat 1, 8 kilogram bertanda Ingenuity. Setelah penjelajah mencapai wadah yang cocok di permukaan Mars, Ingenuity akan melakukan eksplorasi suasana dan menjadi rotorcraft pertama dengan terbang di planet lain.

Mesin pengelana Perseverance bakal mendarat di dalam Kawah Jezero, Planet Mars pada 18 Februari 2021. Kawah selebar 45 kilometer itu diyakini menampung sebuah danau dan delta sungai miliaran tarikh silam. Penjelajah akan mencirikan daerah tersebut secara detail dan memeriksa tanda-tanda kehidupan Mars di era lalu.

Di planet merah nanti Perseverance akan bergabung dengan Curiosity, satu-satunya penjelajah aktif di planet abang. NASA juga telah mematikan Opportunity setelah 15 tahun menjelajah. Manusia mesin lain yang telah mati ialah Spirit dan Sojourner.

Perseverance Mars 2020 menjadi periode eksplorasi bulan dan Mars. NASA akan mengirim manusia ke kamar dan misi yang lebih gembung lagi, yakni mengirim manusia ke planet tetangga Bumi itu. Pengiriman ke satelit alami Bumi akan terjadi pada 2024.

Sebelum NASA, Uni Emirat Arab (UEA) dan China sudah terlebih dahulu mengirim utusan ke Mars. UEA sukses mengirim Satelit Hope ke planet merah pada Senin, 20 Juli lalu. Disusul China yang mengirim Tianwen-1 pada 23 Juli.