Amerika dan Rusia Kejar-kejaran di Orbit Bumi

Amerika dan Rusia Kejar-kejaran di Orbit Bumi

VIVA   –  Nampaknya perang di daratan sudah tak lagi seruan. Kini, Amerika Serikat dan Rusia mulai berseteru  di luar angkasa.

Awal tahun ini, satelit Rusia diketahui memposisikan diri sangat dekat dengan satelit reserse milik Amerika Serikat di orbit Bumi. Spekulasi menyatakan, jika Rusia melakukan pengintaian  terhadap satelit milik Negara Paman Sam itu.

Menurut laporan The Verge,   dikutip VIVA Tekno   Senin  28 September 2020, satelit Kosmos 2542  diketahui melayani perilaku aneh. Satelit Rusia tersebut diketahui mengorbit di tempat yang sama dengan satelit National Reconnaissance Office milik AS.

Satelit NRO yang lumrah dengan nama USA 245 itu sudah berada di orbit Dunia sejak 2013. Sementara, Kosmos 2542 baru diluncurkan November tahun morat-marit.

Baca pula:   Adu Ciamik Smartphone Premium Versi Murah Apple vs Samsung

“Ini mencurigakan, namun tidak membuktikan apa-apa karena masih banyak satelit mengorbit di tempat yang sama, ” ungkap asisten pengajar di Purdue University, Michael Thompson.

Pihak Amerika pun terang sedang dibuntuti oleh satelit Rusia tersebut, bukan hanya satu tetapi dua. Satelit Kosmos 2542 ternyata membawa benda langit lainnya dengan ukurannya lebih kecil.

Menurut Kepala Operasi Angkatan Luar Angkasa, John   Raymond,   sepasang satelit Rusia itu berada di jarak 160 kilometer dibanding satelit mata-mata milik AS tersebut.

“Kami melihat itu sebagai perilaku tidak biasa serta mengganggu. Berpotensi membuat situasi kritis di ruang angkasa, ” ungkapnya.